7 Tips Hidup Sehat Bagi Perokok Aktif

Tahukah Anda sebenarnya udara di lingkungan Anda yang setiap hari Anda hirup tidak selamanya bersih. Walaupun secara kasat mata terlihat bersih dan segar. Namun sebenarnya udara yang seharusnya menyehatkan bagi Anda ternyata sudah tercemar oleh polusi yang disebabkan oleh aktifitas manusia maupun alam seperti debu, bau dan asap.

Polusi ringan untuk jenis asap yang paling sering kita temui adalah asap rokok. Jenis polusi ini selain dirasakan langsung oleh perokok aktif dapat juga dirasakan oleh orang yang tidak merokok atau perokok pasif. Organ tubuh yang paling memungkinkan dapat mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh asap rokok adalah paru-paru. Salah satu dampak yang paling terasa oleh orang yang terkena polusi asap rokok adalah dada terasa sesak, tenggorokan gatal dan disertai batuk, lebih parah lagi dapat menyebabkan kanker paru. Menurut National Cancer Centre Singapore, sebanyak 90 persen orang yang terkena kanker paru disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Perokok aktif

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jika kondisi paru tidak sehat maka dapat menyebabkan penyakit kronis pada sistem pernafasan seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan fibrosis kistik. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization - WHO) jumlah kematian yang disebabkan oleh kerusakan organ paru mencapai 4,2 juta jiwa di seluruh dunia setiap tahunnya. Kontribusi terbesar disebabkan oleh polusi asap rokok. Negara Indonesia  menempati peringkat kelima  jumlah perokok terbanyak setelah negara China, Amerika Serikat, Jepang dan Rusia. Adapun usia rata- rata perokok di Indonesia adalah dari kalangan remaja.

Di bawah ini terdapat 7 tips agar hidup tetap sehat meskipun setiap hari Anda sering mendapatkan polusi asap rokok, apalagi jika Anda seorang perokok aktif.

Konsumsi Makanan Anti Inflamasi (Kacang-kacangan)

Peradangan pada saluran pernafasan dapat menyebabkan sesak dan sulit bernafas. Dengan mengkonsumsi makanan anti inflamasi yang paling banyak terdapat pada jenis kacang-kacangan dapat mengurangi peradangan di saluran pernafasan, beberapa jenis kacang yang dapat mengurangi peradangan adalah kacang zaitun, kacang kenari, Kacang polong dan jenis kacang lainnya. Sedangkan makanan selain jenis kacang yang mengandung bahan anti inflamasi adalah kunyit, ceri, blueberry serta sayuran berwarna hijau.

Seorang perokok yang rajin mengkonsumsi makanan anti inflamasi memiliki risiko 18 persen lebih rendah dari semua penyebab kematian, risiko 20 persen lebih rendah dari kematian kardiovaskular dan 13 persen lebih rendah risiko kematian akibat kanker jika dibandingkan dengan perokok yang mengkonsumsi makanan anti infamasi lebih sedikit.

Lemon Water

Lemon water
Lemon adalah salah satu makanan alami terbaik bagi tubuh yang memiliki berbagai macam manfaat dan kelebihan. Satu buah lemon jenis apapun tanpa kulit mengandung nutrisi 17 kalori, 0,6 gram protein, dan 0,2 gram lemak. Lemon terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, dengan mengkonsumsi satu buah lemon per hari dapat memenuhi sekitar 51% kebutuhan vitamin C tubuh Anda.  Bagi perokok aktif, air lemon dapat membantu mengurangi infeksi virus pada saluran tenggorokan yang diakibatkan oleh asap rokok.

Sederhananya lemon adalah pereda sakit tenggorokan, karena lemon mengandung bahan kimia Saponin dan Flavonoid. Adapun Saponin merupakan zat yang berfungsi sebagai anti bakteri, sedangkan flavonoid memiliki manfaat kesehatan sebagai antioksidan. Kedua bahan kimia tersebut dapat mengurangi resiko kanker, penyakit jantung, asma, dan stroke.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi. Polifenol merupakan kelompok senyawa alami yang ada dalam tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah. Polifenol memiliki manfaat sebagai molekul antioksidan. Senyawa ini dapat mengendalikan radikal bebas berlebih yang dapat merusak sel dan memicu berbagai penyakit. Dengan membiasakan diri mengkonsumsi teh hijau, maka dapat membantu menjaga kondisi organ dalam seperti jantung dan paru-paru tetap bekerja dengan baik.

Selain itu hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat melindungi tubuh terhadap karsinogen tembakau. Orang yang mengkonsumsi teh hijau paling sedikit tiga cangkir atau lebih dalam sehari dapat memiliki fungsi paru yang lebih baik dari pada orang yang tidak mengkonsumsi teh hijau serta dapat mengurangi risiko terkena kanker paru-paru. 

Terapi Uap

Salah satu cara paling efektif untuk membersihkan paru-paru adalah dengan terapi uap. Adapun cara untuk melakukannya adalah dengan menghirup uap air agar saluran pernafasan dapat terbuka dan mengeringkan lendir yang ada di dalamnya. Pada umumnya seorang perokok aktif pernah mengalami sesak nafas dan dada terasa berat. Hal ini dikarenakan adanya selaput lendir pada saluran udara dan terbatasnya aliran darah menuju paru.

Manfaat dari terapi uap adalah dapat menambah kehangatan dan kelembaban udara pada saluran pernapasan dan organ paru, sehingga dapat meningkatkan pernafasan dan membantu melonggarkan lendir pada saluran pernafasan dan paru. Orang yang telah melakukan terapi uap akan merasakan saluran pernafasannya terasa lega dan terasa mudah ketika bernafas.

Perkusi Dada

Selain terapi uap, cara lain untuk mengurangi lendir pada saluran pernapasan dan paru adalah terapi perkusi dada, yaitu terapi fisik yang dilakukan dengan cara melakukan ketukan atau tepukkan tangan pada dada. Terapi ini dapat menguraikan lendir pada saluran udara di area dada, sehingga lendir yang terdapat pada paru akan ikut terurai dan terbawa keluar tubuh.

Terapi ini dapat dilakukan dengan teknik yang tepat yaitu tubuh berada pada posisi duduk sambil bersandar ke belakang. Kemudian bentuk tangan ditangkupkan dan ditepukan sedikit kuat namun lembut pada dada bagian kiri atas dan kanan atas, atau berada pada area diantara tulang selangka dan puting. Lama ketukan sebanyak 2 - 3 menit untuk masing-masing dada sebelah kiri dan kanan. Jika dilakukan dengan benar maka lendir akan terkumpul di dada dan dapat dibuang melalui batuk yang dikeluarkan dari mulut.

Banyak Minum Air Putih

Air minum

Air merupakan zat yang sangat luar biasa untuk membersihkan tubuh Anda dari toksin. Kebutuhan air bagi tubuh per hari adalah sebanyak 1500 ml atau sekitar 6 gelas per hari. Dengan membiasakan minum air putih setiap hari dapat membantu Anda untuk merehidrasi kulit sehingga tidak terlihat kusam atau tidak sehat seperti kebanyakan perokok aktif pada umumnya. Ketika Anda membiasakan minum air putih lebih banyak, maka akan lebih banyak pula nikotin yang dilepaskan dari tubuh Anda melalui urin sehingga dapat meningkatkan ketahanan metabolisme tubuh Anda.

Namun jangan di artikan secara berlebihan, meskipun dengan banyak minum air putih dapat memberikan manfaat yang cukup besar, bukan berarti perokok yang sudah terlanjur memiliki riwayat penyakit paru cukup parah dapat kembali sehat, jalan satu-satunya untuk kembali sehat adalah dengan berhenti merokok. 

Olahraga Rutin

Dengan berolahraga teratur maka dapat meningkatkan kesehatan baik fisik maupun mental serta mengurangi resiko terkena penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. Ketika seseorang melakukan olah raga maka otot akan bereaksi dan meningkatkan laju pernafasan, pasokan oksigen menuju otot dan organ tubuh lainnya menjadi lebih besar, sirkulasi darah di dalam tubuh meningkat dan dapat mengurangi kelebihan karbondioksida dalam tubuh.

Dr. Stanton Glantz, profesor kedokteran pada divisi kardiologi di UC San Francisco mengungkapkan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular dan kolesterol HDL. Jika Anda seorang perokok dan Anda rajin berolahraga, maka kondisi Anda akan lebih baik dari pada Anda merokok dan tidak berolahraga. Sistem kardiovaskuler merupakan suatu sistem yang secara umum berperan untuk menyalurkan aliran darah ke seluruh tubuh, sekaligus membawa oksigen dan zat gizi ke semua jaringan tubuh serta mengangkut semua zat buangan.

Namun bagaimanapun langkah paling tepat agar Anda memiliki tubuh yang sehat, tidak ada cara lain yaitu dengan berhenti merokok. Percayalah, ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, Anda tidak akan mengalami kerugian apapun, sebaliknya Anda akan merasakan banyak manfaat jika dibandingkan dengan kebiasaan Anda merokok.



Masukan alamat email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

0 Response to "7 Tips Hidup Sehat Bagi Perokok Aktif"

Posting Komentar