Kamera Terkecil Di Dunia (Spy Camera)

Pada era teknologi saat ini banyak peralatan canggih yang sudah dibuat. Bagi sebagian orang peralatan tersebut memang digunakan untuk hal-hal sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya namun bagi sebagian orang lainnya banyak yang menyalah gunakan penggunaan alat tersebut. Contohnya adalah kamera dengan ukuran yang sangat kecil. Selain bentuk fisiknya secara kasat mata tidak begitu terlihat oleh kita namun kamera tersebut dapat berfungsi dengan baik. Apalagi saat ini banyak kamera yang dijual di toko online dengan model dan harga yang bervariasi. Kamera tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil atau lebih kita kenal dengan kamera pengintai (spy camera).

Penggunaan kamera pengintai seperti ini tentu saja tidak akan dicurigai oleh orang lain sehingga tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk hal-hal yang tidak wajar. Bentuk kamera seperti ini dapat menyesuaikan dengan bentuk benda yang berada di lingkungan sekitar kita, seperti pengharum ruangan, sekrup, vas bunga dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kamera pengintai dengan ukuran yang sangat kecil.

Focals

Focals merupakan kamera super mini yang tertanam pada kacamata pintar. Sebelumnya terdapat kamera mini yang terpasang pada kacamata yang dikembangkan oleh perusahaan seperti Google dan Intel, namun masih terdapat kekurangan yaitu kacamata tidak dapat digunakan dengan nyaman sebagaimana kacamata pada umumnya dan tidak memilki nilai bisnis jika dipasarkan untuk penggunaan seseorang. 

Sekilas kacamata ini mirip seperti kacamata pada umumnya dan tidak terlihat seperti ada kamera pengintai di dalamnya. Namun jika dilihat dari jarak dekat maka akan terlihat kamera pada bagian pojok kacamata. Kamera ini dapat menunjukkan waktu, ramalan cuaca, menampilkan pesan dari smartphone, mengetahui jadwal kereta dan bus serta dapat mengenali perintah suara. 

Hasil rekaman dari kamera ini dapat langsung terlihat pada bagian lensa kacamata dan tidak dapat diketahui oleh orang lain. Untuk melakukan pengaturan dan memonitor kerja kamera digunakan alat yang menyerupai joystick yang digunakan pada jari berbentuk menyerupai lingkaran (cincin). Kamera ini mampu bertahan untuk waktu cukup lama yaitu sekitar 18 jam. Adapun harga kamera yang dipasarkan adalah 1000 USD atau sekitar 14 juta rupiah.

The Spyslide

Setiap komputer atau laptop yang memiliki fasilitas kamera tentunya berpotensi untuk di awasi oleh orang lain melalui kamera bawaan. Selama beberapa tahun belakangan ini terdengar isu yang semakin mengkhawatirkan masyarakat, oleh karena itu maka banyak pengguna komputer menggunakan stiker untuk menutupi kamera agar privasi mereka terasa aman dan tidak dimata-matai.

Perusahaan startup dari Belanda memberikan solusi yang lebih baik tanpa harus menempelkan stiker pada kamera dan tidak merusak lapisan pada permukaan laptop atau komputer. Alat ini cukup bagus karena akan melindungi privasi pemiliknya.Karena alat ini memiliki ketebalan hanya 0,6 mm. Penggunaan alat ini cukup digeser saja kebagian samping. Harga yang ditawarkan adalah sekitar 11 USD atau sekitar 150 ribu rupiah.

Fredi-HD Mini Wifi

Secara fisik kamera ini terlihat tidak seperti kamera pada umumnya dan sangat cocok digunakan untuk memata-matai seseorang. Pengembang dari kamera ini menyarankan agar kamera ini dapat digunakan bagi orang tua yang memiliki bayi atau anak kecil yang dititipkan kepada pengasuh anak dirumah agar lebih mudah dalam pengawasan. Kamera ini tidak memerlukan sambungan stop kontak selama kamera ini digunakan untuk merekam.

Rekaman kamera dapat dilihat secara langsung melalui smartphone atau perangkat lain yang memiliki sambungan wifi. Kamera ini dapat digunakan lebih dari satu kamera sekaligus, sehingga ini memudahkan pemiliknya untuk memantau beberapa ruangan dari berbagai sisi. 

Meskipun ukuran kamera ini sangat kecil namun mampu menghasilkan rekaman dengan resolusi yang sangat tinggi hingga 1920 x 1080 piksel dan dan disimpan dalam memori dengan kapasitas 128 Gb. Kamera tersebut dapat diperoleh dengan harga 53 USD atau sekitar 750 ribu rupiah.

Lookout Charger

image: indiegogo.com
Kamera jenis ini bentuknya mirip charger, selain dapat merekam aktifitas di area lingkungannya kamera ini juga dapat digunakan untuk mengisi daya pada smartphone atau perangkat lainnya, caranya tinggal di masukan pada stop kontak yang sering digunakan pada umumnya. Harga dari kamera ini adalah sekitar 90 USD hingga 140 USD tergantung dari jenis dan tipe kamera yang kita pilih. Alat ini memiliki kamera internal yang sangat kecil sehingga tidak akan terlihat seperti kamera dilengkapi dengan kualitas gambar full HD.

Selain itu alat ini juga memiliki microphone internal yang mampu merekam suara. Kapasitas memori yang ditawarkan untuk dapat menyimpan hasil rekaman adalah 16 gb hingga 32 gb. Kamera ini dapat merekam hingga 4 jam lamanya. Untuk memindahkan hasil rekaman, pengguna tinggal menghubungkan kabel usb dari alat ini menuju laptop atau pc dan semua data rekaman akan tersimpan.

OV6948 Mini Camera

Kamera ini memiliki bentuk tidak seperti kamera pada umumnya. Ukuran kamera ini sangat kecil, hampir seperti butiran pasir yaitu berukuran 0,575 x 0,575 x 0,232 mm dapat menghasilkan gambar dengan warna 40.000 piksel dan dilengkapi dengan ship prosesor mini lluminated RGB Bayer. Biasanya kamera ini digunakan untuk keperluan medis, yang dipasang pada alat bedah dan dapat dimasukan kedalam organ tubuh manusia, sehingga dapat memudahkan tim medis ketika melakukan bedah operasi.

Dengan konsumsi daya rendah maka panas yang dihasilkan oleh kamera ini tidaklah terlalu besar, dengan begitu maka kondisi pasien saat dilakukan operasi bedah akan aman dan dapat menghemat banyak waktu. Kamera ini dikembangkan oleh Omni Vision yaitu perusahaan yang bergerak dibidang sensor vision. OV6948 diklaim merupakan kamera dengan teknologi sensor berbasis vision dengan kualitas gambar yang dapat menyesuaikan dengan penggunaan teknologi saat ini.


Masukan alamat email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Kamera Terkecil Di Dunia (Spy Camera)"

Posting Komentar