Trik Jitu Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog


Bagi pemilik blog atau website memiliki jumlah pengunjung yang banyak merupakan kepuasan tersendiri. Cara paling umum yang terpikirkan oleh semua orang adalah blog kita dapat ditemukan oleh mesin pencari google.

Kita asumsikan bahwa saat ini memiliki artikel sebanyak 30 artikel dengan kata kunci yang berbeda, dan setiap kata kunci memiliki 500 kali pencarian dalam sebulan. Sehingga jika pengunjung melakukan 70 % klik per tayang (Click Through Rate - CTR) maka secara matematika seharusnya kita akan mendapatkan jumlah pengunjung sebanyak:
30 artikel x 500 x 0,7 = 10500 pengunjung / bulan atau sekitar 875 pengunjung / hari.

Namun tidak selamanya hasil perhitungan diatas sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke halaman blog kita agar jumlah tersebut dapat terpenuhi? Berikut saya jelaskan beberapa tips dan triknya.

Buat nama domain yang sederhana dan familiar.

Terdapat banyak sekali manfaat jika kita menggunakan domain yang sederhana dan familiar. Pertama adalah nama domain tersebut mudah diingat. Ketika seseorang memperkenalkan blog atau website perusahaan mereka, maka pengunjung blog akan dengan mudah mengetahui tema atau isi yang mewakili gambaran blog tersebut. Kedua dengan nama domain blog yang pendek dan sederhana maka pada saat seseorang akan mengunjungi blog Anda maka akan dengan mudah untuk mengetikannya dan menghindari kesalahan dalam pengetikan.

Nama domain yang bagus adalah tidak lebih dari 8 karakter. Ketiga, manfaat yang bisa diperoleh adalah dapat merefleksikan brand Anda atau perusahaan Anda sehingga memberikan rasa penasaran kepada audien untuk dapat mengunjungi blog Anda. Manfaat yang terakhir adalah nama domain yang sederhana dapat memudahkan dalam mempromosikan dan menarik perhatian audien sehingga yang semula tidak ada niat untuk berkunjung ke blog Anda karena rasa penasaran maka akhirnya mengunjungi blog Anda.

Halaman blog responsif.

Halaman dengan web responsif dapat mengubah tata letak blog menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan, terutama jika digunakan pada perangkat tablet atau smartphone. Tampilan situs web yang tidak dapat menyesuaikan untuk semua layar yang lebih kecil dapat menurunkan indeks pencarian pada mesin pencari. Ini berarti bahwa pada perangkat yang lebih kecil sebagian besar situs web tersebut tidak terdeteksi. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kerugian bagi pemiliknya, karena lebih dari 70% pencarian online berasal dari perangkat seluler.

Manfaat yang paling utama dari blog dengan tata letak responsif adalah jaminan bahwa audien dimana pun pada dan pada perangkat apa pun dapat dengan mudah dan konsisten mengunjungi blog anda. Selain itu tata letak responsif dapat memperbaiki tampilan konten dan memastikan bahwa orang yang menggunakan perangkat seluler hanya melihat informasi yang paling penting. Dengan adanya pembaruan pada algoritma yang diterapkan oleh Google, maka desain web yang responsif dapat meningkatkan visibilitas pada mesin pencari.

Kuasai pemahaman SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimation, yaitu suatu proses untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs web berdasarkan pada hasil pencarian ketika audien mencari kata dan frasa tertentu pada mesin pencari. Tanpa Anda sadari bagaimana biasanya Anda dengan cepat dapat menemukan informasi yang Anda perlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui salah satu mesin pencari.

Manfaat dari penerapan teknik SEO pada blog Anda adalah dapat membidik pengunjung sesuai dengan yang diharapkan sehingga strategi dan perencanaan pemasaran dapat dengan mudah mengenai sasaran. Selain itu tidak perlu ada biaya yang dikeluarkan karena hasil pencarian dengan teknik SEO mengacu pada hasil terbaik dari algoritma dari setiap kueri yang diberikan. Ini berarti bahwa halaman anda memang layak untuk hasil pencarian dan mengarahkan audien untuk melalui link yang menuju pada blog anda.

Buat konten yang diperlukan oleh pengunjung

Adakalanya ketika kita membuat sebuah artikel, kita tergoda hanya ingin menulis apapun yang benar-benar sesuai dengan ide kita. Seperti ide tentang hobi, olahraga, gosip atau hal-hal yang tidak begitu diperlukan oleh pengunjung. Namun jenis posting artikel seperti ini mempunyai nilai waktu yang sebentar. Setelah selesai membaca minat pengunjung kembali berkurang.

Lalu bagaimana solusinya? Untuk mengatasi hal tersebut maka lebih baik Anda menulis artikel tentang sesuatu yang memang dicari oleh pengunjung. Biasanya semakin banyak sebuah artikel dicari oleh pengunjung maka akan meningkatkan traffic pencarian pada mesin pencari Google. 

Ini adalah salah satu trik pembuatan blog yang memang ditargetkan untuk menaikan jumlah pengunjung. Setiap posting konten yang di publish setidaknya harus memiliki potensi traffic pada mesin pencari google. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa topik tersebut memang sedang banyak dicari oleh pengunjung? Salah satu caranya adalah dengan mengetikkan kata kunci yang relevan ke halaman pencarian google maka google akan memberikan kata pencarian yang disarankan.


Masukan alamat email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Trik Jitu Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog"

Posting Komentar